Pages

Sabtu, 29 Februari 2020

Pesan Sherly Annavita Rahmi Saat Mengisi Seminar di Al-Amien Prenduan



PRENDUAN, Komunika-Ikatan Santriwati Tarbiyatul Mu’allimat Al-Islamiyah (ISTAMA) Pondok Pesantren Al-AmienPrenduan, sukses mendatangkan Millenial Influencer, Sherly Annavita Rahmi dan menyedo tribuan peserta dalam seminar motivasi “Inner Power of Muslimah” di Gedung Serba Guna (Geserna) TMI Putri, Jum’at (07/02).
Kedatangan Sherly disambut dengan hangat oleh pengasuh TMI Putri Ny. Hj. Dra. Anisah Fatimah Zarkasyi. Dalam kesempatannya, Beliau berharap kepada seluruh santriwati dan undangan untuk memanfaatkan betul momentum tersebut dengan mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan. Terlebih, Sherly Annavita Rahmi merupakan sosok muslimah millenial yang sangat inspiratif.
Selain pengasuh putri, ribuan peserta yang terdiri dari santriwati, mahasiswi, dan guru dari lembaga-lembaga di lingkungan Al-Amien Prenduan, serta santriwati/siswi lembaga-lembaga pendidikan di Madura, baik tingkat menengah, perguruan tinggi turut menyambut Sherly dengan antusias.
Dalampemaparannya, Sherly Annavita Rahmi terus memberi motivasi kepada peserta yang hadir.Dia mengajak parahadirin untuk selalu memanfaatkan kesempatan yang ada, sebelum datangnya penyesalan. “Jangan sampai merasa menyesal jika sudah memaksimalkan dan mengerahkan segala kekuatan yang ada,” Ujar wanita kelahiranAceh tersebut.
Menurutunya, Penyesalan hanya dirasakan jika kesempatan tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin. “Bukan seberapa besar perubahan yang kita buat, akan tetapi bagaimana kita masuk dalam perubahan tersebut. Habiskan jatah gagal, sehingga tak ada lagi alasan untuk tidak berhasil,” tambahnya dengan penuh semangat.
Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan berlangsung sampai pukul 11.00 WIB itu berjalan dengan lancar dan meriah. Meskikondisi kesehatan sempat terganggu, Sherly tetapsemangat dan antusias mempersuasi hadirin untuk lebih berenergi lagi dari pada dirinya. Dipenghujungan acara, diisi dengan sesi foto bersama. (ca/zn)

Share:

Mahasiswi IDIA Prenduan Laksanakan Kuliah Lapangan



SUMENEP, Komunika-Enam mahasiswi Institut Dirosat Islamiah Al-Amien (IDIA) Prenduan melaksanakan kuliah lapangan sebagai tugas program “Jurnalistik Online dan Jurnalistik Cetak”  yang dikembangkan di lembaga tersebut, dimulai sejak 28 Januari 2020 lalu.
Mahasiswi semester VI (enam) Fakultas Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) memilih sastrawan Syaf Anton Wr sebagai mentor selama proses perkuliahan di lapangan. Sholeha, salah seorang wakil dari mahasiswi menyebutkan, dalam kuliah lapangan ini dimaksudkan untuk menindak lanjuti hasil pembelajaran di kampus sekaligus memperdalam ilmu-ilmu tentang jurnalistik, khususnya dalam penulisan opini, artikel, feature dan pemberitaan. “Untuk kuliah lapangan ini, kami laksanakan 5 kali pertemuan, masing-masing dengan materi dan tugas yang beda,” ujarnya.
Pertemuan pertama dan kedua pada Selasa (04/02), dilaksanakan di kediaman Syaf Anton Wr dengan topik pembelajaran menulis opini dan artikel. Selanjutnya akan dikembangkan ke obyek yang nantinya menjadi bahan penulisan. “Mereka akan saya bawa langsung ke lapangan, dan saya pertimbangkan ke museum atau tempat lainnya, sekaligus sebagai tugas laporan jurnalistik,” ungkap Syaf Anton
Syaf Anton berharap, dari lima kali pertemuan nantinya para mahasiswi bisa menghasilkan karya tulis dalam bentuk tulisan lepas. “Saya tahu, keinginan mereka untuk bisa menulis cukup tinggi,” tandasnya.
Enam mahasiswi yang terdiri dari Sholeha, Hasniar, Lailatul Husni, Rif’atun Hasanah, Wahdaniah dan Rofiqoh dengan seksama mengikuti arahan mentornya,
Hasniar asal Kalimantan Utara menyatakan meski baru belajar menulis ia berharap “Proses belajar yang menurut saya sangat singkat ini rasanya kurang. Mau diperpanjang sampai betul-betul bisa menjadi virus positif bagi yang lain,” katanya.
Sedangkan Lailatul Husni menyebut ketika saya pulang dari belajar, merasa semangatnya semakin bertambah dan meyakini apa yang ia tulis akan menjadi hal yang paling berharga. Hal ini diperkuat Rif’atun Hasanah  “Suatu kehormatan bagi mahasiswi KPI bisa belajar bareng bersama Pak Syaf Anton. Selama kami belajar bersama, kami selalu dikasih motivasi dan sangat berkesan dari beliau,” ungkap gadis mungil itu.
Sementara Wahdaniah, menyebut kata-kata yang paling tertanam dihati saya dari Pak Syaf Anton adalah “Jika ingin diingat, menulislah”. Dalam kuliah lapangan ini, Rofiqoh yang tidak berkeinginan menulis justru sebaliknya.  Ia menyebut ia justru terkesan, karena materi ini membawa saya pada bidang yang tidak pernah ada dalam keinginan saya. “Dan bukan hanya materi saja yang saya dapat, melainkan sebuah pengalaman yang tak pernah saya alami,” jelasnya. (LRI)


Share:

Jumat, 28 Februari 2020

Al-Amien Prenduan Gelar Rapat Meyambut Kedatangan UAS di Madura

kpi idia prenduan
Suasana ruang rapat menyambut kedatangan Ustad Abdul Somad di Madura, tampak rapat tersebut dihadiri perwakilan panitia dari beberapa pondok pesantren di Mura
PRENDUAN, Komunika-Menjelang Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad yang akan dihelat pertengahan Maret 2020, Panitia pelaksana adakan rapat koordinasi pada Selasa (04/02) dalam rapat tersebut, para peserta rapat mendiskusikan catatan acara tabligh akbar sebelumnya, serta langkah-langkah konkret yang akan dilakukan untuk mensukseskan acara mendatang.
Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Pimpinan dan pengasuh pondok pesantren Al-Amien Prenduan, Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA. didampingi oleh wakil pimpinan, Dr. KH. Ghazi Mubarok, MA.dihadiri oleh perwakilan panitia dari tujuh titik tempat Rundown kegiatan Ustad Abdul Somad selama di Madura.
“Hasil Rapat inimerupakan bentuk koordinasi, satu paham, antara panitia pusat dengan panitia cabang, agar tidak terjadi kesalahfahaman,” tutur Ust. Samhadi selaku panitia yang hadir dalam rapat tersebut.
Pasalnya, Kunjungan ini bukan kali pertama dilakukan oleh pendai yang mendapatkan gelar doktor dari Omdurman Islamic University, Sudan tersebut. Sebelumnya, pada Maret tahun lalu kehadirannya ke Madura berhasil menarik banyak massa. Melihat hal itu, Al-Amien Prenduan selaku panitia pusat dari pelaksanaan Tabligh Akbar kali ini, mencoba untuk menyusun agenda kunjungan Ustad Abdul Somad di Madura lebih tertata dan terkoordinasi dengan baik.
“Selaku jajaran panitia, kami berusaha merumuskan kembali apa yang  menjadi kekurangan tahun lalu, seperti kurangnya komunikasi antara pihak-pihak terkait. Di samping itu, pimpinan menaruh harapan agar kegiatan ini menjadi momentum untuk merajut kembali Ukhuwah Islamiyah yang sempat tergoyah pasca pesta demokrasi,”  tegas Ust. Samhadi, mengutarakan apa yang disampaikan pimpinan pada rapat tersebut.
Ustad Abdul Somad bersama rombongan direncanakan akan tiba di Madura pada Selasa 24 Maret ini. Diagendakan keberadaan Ustadz kondang tersebut di Madura hingga 27 Maret mendatang sebagaimana agenda yang telah disusun oleh tim. (zn)
    
Share:

Sabtu, 15 Februari 2020

Sabtu, 01 Februari 2020

Puisi - Tangisan Demokrasi


TANGISAN DEMOKRASI
Oleh Triswanto*

Apabila kritik hanya boleh lewat saluran resmi,
maka hidup akan menjadi sayur tanpa garam

Lembaga pendapat umum
tidak mengandung pertanyaan,
tidak mengandung perdebatan,
dan akhirnya menjadi monopoli kekuasaan

Apabila kritik hanya boleh lewat media,
maka mereka akan semakin bebas
mengkreasikan opini tanpa arah
dan tujuanyang jelas

Aku tidak melihat alasan,
kenapa harus diam tertekan dan termangu

Aku ingin secara wajar kita bertukar kabar
dan duduk berdebat
menyatakan setuju dan tidak setuju

Kenapa ketakutan menjadi tabir pikiran?
kekhawatiran telah mencemarkan kehidupan
ketegangan telah mengganti
pergaulan pikiran yang merdeka

Lalu kemanakah seruan demokrasi Indonesia?
terintimidasi dalam wacana uforia
ini kebahagiaan atau tangisan
yang termakhtub dalam pancasila

--------------------------------------------------------
*)Mahasiswa KPI, Semester VI, Asal Pragaan
Share:

Pemimpin Perempuan, Bolehkah? - Ust. Ikhwan Amaly, M.Fil.I


        Pemikiran Islam Kontemporer adalah pemikiran Islam yang berkembang pada masa modern (Abad ke-19) hingga saat ini. Ciri dari Islam Kontemporer yaitu berkembangnya pemikiran baru dalam menafsirkan Al-Qur’an dan peradaban Islam. Lantas, bagaimana Islam Kontemporer memandang perempuan yang menjadi pemimpin suatu golongan? Berikut obrolan redaksi Komunika Rohmadi Alfarisi dengan salah satu dosen IDIA  Prenduan, pengampu materi Dunia Islam Kontemporer, Kamis (30/01/20).

Apa yang dimaksud dengan Islam Kontemporer?

  Islam kontemporer terdiri dari dua istilah yang berbeda. Islam adalah risalah yang memuat akumulasi anturan, nilai, moral yang diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad melalui Jibril As, sebagai rahmat bagi seluruh alam (Rahmatan lil ‘Alamin). Sedangkan kontemporer merupakan sebuah era atau fase yang dimulai sejak abad ke-19 hingga sekarang. Dalam pemahaman yang sederhana, kontemporer adalah kekinian, aktual dan segala hal yang berkaitan dengan masa sekarang. Dari definisi istilah di atas, maka yang dimaksud dengan Islam kontemporer adalah dialektika Islam sebagai sebuah agama yang memuat aturan dan tata nilai dengan era kekinian.

Bagaimana kita memaknai Islam Kontemporer itu sendiri?

     Sebenarnya tidak ada problem terkait dengan istilah Islam kontemporer karena pada hakikatnya, Islam adalah agama yang selalu relevan dengan perkembangan zaman (Shahih li Kulli az-Zaman wa al-Makan). Namun, akar problemnya adalah bagaimana wacana keislaman kontemporer merespon isu-isu yang berkembang dalam bentangan era tersebut. Salah satu isu yang menjadi kegelisahan akademik dan para pemikir muslim kontemporer adalah potret kemunduran Islam di era kontemporer, (لماذا تأخرالمسلمون وتقدم غیرھم).
Isu ini mematik perdebatan hangat di kalangan para pemikir muslim sehingga membentuk ruang wacana yang beragam.

Seperti yang antum katakan, bahwa Islam Kontemporer juga disebut sebagai Islam kekinian atau era sekarang. Lalu bagaimana dengan perempuan (muslimah) yang menjadi pemimpin?

  Persoalan kedudukan pemimipin perempuan merupakan salah satu wacana pemikiran Islam kontemporer. Wacana ini muncul seiring dengan perubahan struktur sosial masyarakat kontemporer dalam melihat status perempuan. Di Barat misalnya, terdapat pemikir yang terafiliasi dalam komunitas pegiat Gander, mereka menuntut sistem patriarki yang mengakar kuat dalam sistem sosial. Mereka menggugat superioritas kaum laki-laki dan menuntuk hak perempuan agar tidak didudukkan sebagai pihak yang inferior. Mereka menuntut persamaan hak antara laki-laki dan perempuan termasuk dalam urusan hak pastisipasi politik. Jika melihat struktur sosial masyarakat kontemporer memang terjadi perubahan yang sangat jauh dengan struktur sosial masyarakat pada zaman peradaban Islam klasik. Namun pertanyaannya adalah bagaimana wacana keislaman merespon arus perubahan tersebut? Di dalam dunia Islam sendiri, jika merujuk pada teks agama sebagai sumber otoritatif. Maka ketika Islam berbicara tentang kepemimpinan sebenarnya yang menjadi prinsip utama adalah soal keadilan sosial. Artinya, syarat utama dalam kepemimpinan bukan soal jenis kelamin (gander) akan tetapi soal kapasitas dan integritas dalam menciptakan keadilan sosial. Jika merujuka kepada sejarah Islam klasik, kita akan dapatkan beberapa kaum perempuan sebagai perawi hadis, misalnya Aisyah, ada juga seorang sufi terkenal dengan konsep mahabbahnya yaitu Rabi'ah al-Adawiyah. Peradaban klasik sebenarnya sudah memberikan dasar pijakan kepada kita bahwa perempuan boleh menjadi apa saja asal memiliki kualitas, integritas dan kapasitas di hidangnya masing-masing. Memang terjadi perdebatan antara pemikir muslim terkait persoalan kedudukan pemimpin perempuan, namun hal itu dalam hemat saya persoalan khilafiah bukan persoalan yang prinsip di dalam hal kepemimpinan.

Apakah hal tersebut tidak termasuk menyalahi ayat Arrijalu Qowwamuna ‘Alan Nisa’?

  Memang ayat tersebut seringkali dijadikan dasar teologis di dalam memahami kedudukan antara laki-laki dan perempuan dalam segala aspek. Namun, jika dikaji secara holistik, sebenarnya ayat tersebut tidak berbicara dalam konteks kepemimpinan, namun berbicara dalam konteks kedudukan antara laki-laki dan perempuan sebagai suami istri. Istilah قوامون para mufasir tidak dalam satu pendapat, ada yang mengartikan pemimpin, pengayom, pendidik dan lain-lain. Wallahu a'lam bisshowab..
Share:

Berdo'a atau Mendekte Allah?


        Apabila seseorang ditanya tentang kepercayaannya pada Allah, maka jawaban tersebut berkisar 50% ya dan 50% tidak. Atau apabila ditanya mengenai bisa sabar atau tidak, maka jawaban kebanyakan orang yang sedang tidak sabar adalah sabar itu ada batasnya. Artinya kesadaran masih belum mendekati 80%, begitu pula dengan pertanyaan bisa ikhlas atau tidak, jawabannya pun masih 50% setuju.
  Mayoritas jawaban yang kita terima dari masyarakat luas cenderung mantap menyatakan percaya pada Allah, ragu serta berkata tidak, sabar atau tidaksabar, ikhlas atau tidak ikhlas. Pernyataan yang tidak asing dengan realita sosial kebanyakan, mereka berfikir bahwa suatu sikap baik hanya didefinisikan sesuai kemampuan kontrol emosional berdasarkan empiris atau sekedar teori pengetahuan, seperti hal nyadengan ikhlas dan sabar. Padahal, pernyataan tersebut menyebabkan kita seringkali protes terhadap ketetapan yang dikehendaki oleh Allah SWT.
”Saya ikhlas, tapi....”, kalimat berikut sering kali dipakai untuk menunjukkan ketidak ikhlasan secara tidak langsung, pada hakikatnya bentuk keikhlasan tidaklah dapat diukur dengan bentuk wujud takaran atau seberapa besar seseorang itu mampu diam dan menerima, karena sebuah keikhlasan dan kesabaran pada jiwa seseorang mampu bertahan atas ujian, berusaha, tidak menyerah dan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT, semua pencapaian bisa diraih dengan power yang ditanamkan melalui akidah diri yang tidak tergantung atau berkiblat pada mindset takdir takkan pernah berubah.
Sabar dan menerima ketetapan Allah, ketetapan yang sudah Allah gariskan untuk kita sering kali tidak bisa diterima, seperti agenda yang sudah disusun dengan baik, akan tetapi  pada kenyataannya semua tidaklah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, jika sudah seperti hati yang mampu mengkondisikan jiwa, entah respon marah atau komplain pada Allah. Hingga akhirnya setelah menyalahkan Allah tanpa pernah mau berfikir kenapa Allah berkehendak dan menakdirkan.
Tidak banyak yang berfikir mengenai hikmah dibalik sesuatu yang diharapkan, manusia dianugerahkan akal untuk berpikir, namun hanya sedikit yang mau menggunakan akal sehatnya, sehingga lebih memilih untuk mengedepankan hasrat, emosional dalam jiwa hingga muncul sifat egois dan akhirnya menyalahkan Allah. Demikian, bila akal harusnya sudah digunakan, jangan katakan pada Allah “Aku punya masalah besar” tetapi katakan pada masalah bahwa “Aku punya Allah Yang Maha Besar “. Takdir Allah memang tidak selamanya baik, akan tetapi apa yang Allah takdirkan kepada kita itulah terbaik.
  Dengan menjalankan apa saja yang telah digariskan oleh Allah SWT, segala urusan akan dimudahkan, jika sulit bersabarlah dan jika mudah bersyukurlah. Sebab jalan yang sedang kita lewati bukanlah jalan kita pribadi yang dilalui secara kebetulan, namun jalan takdir dan pilihan merupakan jalan yang memang Allah tunjukkan untuk ditapak, bukan pilihan kita tapi pilihan Allah, bukan keputusan kita tapi keputusan Allah, bukan ketetapan kita tetapi ketetapan Allah, jadi kita bisa ada di dunia ini itupun semuanya karena Allah.
  “Kun Fayakun!” jika semudah itu Allah menciptakan surga dan neraka, langit dan bumi, matahari dan bintang, manusia dan tumbuhan, tidak ada yang sulit bagi Allah untuk menolong hambanya serta tidak pula diuji diluar batas kemampuannya, karena tak ada yang mustahil bagi Allah. Konsisten dalam berdo'a, karena do'a itu bukan seperti obat yang di ambil hanya ketika sakit, tetapi do'a itu adalah seperti udara yang perlu dihirup setiap waktu untuk terus bertahan hidup. Berdo'a itu ibadah, dikabulkan itu hadiah, belum dikabulkan itu pahala berlimpah. Laranglah pribadi untuk menyerah saat do'a belum terjawab, jika jiwa mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang diminta, sebab Allah tergantung pada prasangka hambanya.
  Kalau bukan karena Allah tidak mungkin ada makhluk hidup seperti manusia dimuka bumi ini, terus berusaha dan berdoa dengan tulus tanpa memaksa Allah, apapun yang kita  inginkan, Allah  maha punya segalanya. Namun jika tidak diberi, Allah punya yang lebih baik lagi, karena  Allah lebih  mengetahui mana yang baik dan tidak untuk hambanya, dengan memahami konteks maka hamba mampu menerima semua yang sudah Allah tetapkan.  Semua butuh proses, sebab disetiap proses ada pembelajaran, jika dipercepat Allah ingin kita bersyukur, dan jika diperlambat dikala itu Allah hendak melihat hamba-Nya bersabar. Belajar untuk tidak banyak protes, tugas kita sebagai hamba hanya  berusaha taat dan menambah ketakwaan kepada Allah SWT, selebihnya biarlah Allah yang menentukan skenario hidup, karena skenario yang Allah tuliskan untuk hamba-Nya itu jauh lebih indah dari pada skenario yang kita buat sendiri.(*)

*)Mahasiswi KPI, Semester VI, Asal Kapedi, Sumenep
Share:

Pengikut

Subscribe!

Mars IDIA Prenduan